We Make People Fly adalah slogan
resmi Lion Air Indonesia yang sangat relevan dengan perkembangan dunia usaha
penerbangan murah di dalam negri.namun ditengah-tengah perkembangan bisnis
penerbangan yang semakin positif ini,ternyata masih terdapat beberapa kendala
yang dapat menganggu perkembangan industry aviasi nasional yang satu ini.
Lion Air Indonesia sebagai satu-satunya maskapai LCC paling dominan
diseluruh negri ternyata masih mengalami kesulitan dalam mempersiapkan beberapa
bengkel perawatan armadanya.seperti yang dilansir dari kompas.com,Lion Air
masih dalam proses pembangunan beberapa hangar perawatan pesawat atau yang
dikenal dengan MRO (maintenance repair overhaul) yang rencananya akan selesai
pada tahun 2016 mendatang.
Dengan dibangunnya bengkel MRO di
kota batam,maka dimasa yang akan datang perawatan armada Lion Air akan
dilaksanakan dalam satu hangar terpadu,sehingga mengurangi ketergantungan
terhadap bengkel-bengkel perawatan pesawat yang berada diluar negri.akan tetapi
keberadaan MRO yang dibangun didalam negri wajib mengantongi sertifikasi dari
IASA dan FAA untuk ijin operasionalnya.
Saat ini bengkel perawatan
pesawat yang dimiliki oleh Indonesia yang bersertifikasi IASA dan FAA hanya
dimiliki oleh Garuda Indonesia dan MRO dari PT.Pelita air Service,akan tetapi
kapasitasnya masih sangat terbatas bagi perawatan armada internal saja.sehingga
maskapai Nasional lain terpaksa melakukan perawatan diluar negri dengan biaya
yang tinggi demi mempertahankan performa dan standarisasi keselamatan
penerbangan.
Kebutuhan MRO merupakan satu hal
yang tidak dapat dihindari akibat perkembangan bisnis penerbangan yang bergerak
semakin baik,saat ini tercatat 700 armada pesawat terbang nasional yang
beroperasi diseluruh nusantara,sementara bengkel perawatan hanya ada 3
saja.tentunya hal tersebut tidak boleh dibiarkan terus menerus,karena akan
menganggu perkembangan industry penerbangan Nasional dimasa depan.
Lion Air Indonesia sendiri
mengakui dalam berita yang dilansir oleh okezone.com bahwa pihaknya mengalami
kesulitan mendapatkan lahan akibat birokrasi yang berbelit-belit dan proses
yang cukup panjang,meski pada akhirnya dijadwalkan pada 2016 nanti bengkel MRO
milik Lion Air Indonesia akan berdiri dan beroperasi.akan tetapi diharapkan
pembangunan MRO bagi kepentingan usaha penerbangan tidak berhenti hanya sampai
disitu.
Semoga saja pertumbuhan dan
perkembangan industry penerbangan Nasional akan semakin baik dengan di iringi
dengan fasilitas dan infrastruktur yang memadai,kebijakan pemerintah yang
mendukung geliat usaha penerbangan menjadi salah satu usaha yang dapat
memberikan nilai lebih bagi pertumbuhan ekonomi Nasional,kesejahteraan serta
mampu membawa Indonesia menjadi one of the best Global Player di Industri
Penerbangan Dunia.(AB)
Baca Artikel Terkait :
lion-air.net/
ReplyDeleteLion Air flights & News - An Indonesian Low-Cost Airline :
Read more on: lion-air.net